Minggu, 03 April 2016

✿ Pacitan Kini Miliki Terminal Bus Penumpang Tipe A.











[Seputar Terminal Bus di Indonesia]
Pacitan Kini Miliki Terminal Bus Penumpang Tipe A.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Suroyo Alimoeso, meresmikan beroperasionalnya Terminal Tipe A Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Peresmian dihadiri pula oleh Bupati Kabupaten Pacitan, Indartato, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Rabu (27/8/2014).

Terminal selesai dibangun dalam lima tahap yang dimulai sejak tahun anggaran 2010 sampai dengan tahun anggaran 2014 dengan dana total sebesar Rp 41,5 miliar. Terminal Penumpang Tipe A Kabupaten Pacitan ini terdiri dari fasilitas utama, fasilitas penunjang, dan fasilitas umum, yang antara lain berupa ruang kantor, pelataran, beberapa bangunan kios dan tempat penjualan tiket yang telah tertata dengan baik.

Pada kesempatan ini Suroyo menyampaikan bahwa terminal penumpang merupakan salah satu elemen penting dalam jaringan transportasi jalan. Selain berfungsi sebagai simpul transportasi jalan, terminal juga berperan penting dalam menunjang kelancaran distribusi penumpang dalam rangka meningkatkan kapasitas sarana dan prasarana Bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ).

Pembangunan Terminal Penumpang Tipe A Kabupaten Pacitan ini merupakan salah satu dari kegiatan pembangunan terminal penumpang yang dikerjakan oleh Satuan Kerja Direktorat Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) pada tahun anggaran 2014. Jumlah terminal penumpang yang dibangun oleh alokasi APBN Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan pada tahun anggaran 2014 sebanyak 21 terminal dengan uraian 8 kegiatan rehabilitasi/peningkatan terminal eksisting dan 13 kegiatan pembangunan baru dengan total pagu APBN tahun anggaran sebesar Rp 157,85 miliar.

Suroyo meminta kepada Pemda Pacitan untuk mengoperasikan terminal tersebut dengan baik sesuai dengan fungsi teknis terminal, seperti di antaranya pengaturan naik turun penumpang, sirkulasi arus lalu lintas bus, dan sebagainya. "Saya harap Pemerintah Kabupaten Pacitan untuk memelihara asset terminal dengan baik," ujar Suroyo Alimoeso.

Setelah dilakukan serah terima operasional ini, maka sepenuhnya pengoperasian dan pemeliharaan terminal ini dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pacitan. Terminal Penumpang Tipe A Kabupaten Pacitan dilengkapi pula dengan pemasangan panel tenaga surya di lingkungan terminal dengan kapasitas 70 KW, yang bertujuan untuk mendukung penyediaan energi yang terbarukan dan lebih ramah bagi lingkungan serta pada akhirnya dapat membantu menunjang operasional terminal.


Ya Allah... semoga yang membaca artikel ini :
¤ Muliakanlah orangnya… Yang belum menemukan jodoh semoga lekas dipertemukan... Yang belum mendapatkan keturunan semoga cepat mendapatkannya… Semoga tergerak hatinya untuk bersedekah… Yang laki2 entengkanlah kakinya untuk melangkah ke masjid… Bahagiakanlah keluarganya… Luaskan rezekinya seluas lautan… Mudahkan segala urusannya… Kabulkan cita-citanya… Jauhkan dari segala Musibah, Penyakit, Prasangka Keji… Jauhkan dari segala Fitnah, Berkata Kasar dan Mungkar. Aamiin ya Rabbal'alamin.

“Bila kau tak tahan lelahnya belajar maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” (Imam Syafi’i)



 
;